SELAMAT DATANG DI BLOG HADI SAFRIANDA

Sunday, March 13, 2011

Asnaini, Keuchik Perempuan Pertama di Aceh Tengah

Posted by HADI SAFRIANDA On 1:45 PM No comments

TAKENGON (serambiindonesia)- Seorang ibu rumah tangga di Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Asnaini (39), menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai kepala kampung (keuchik) di Kabupaten Aceh Tengah. Ia dilantik dan diambil sumpah oleh Camat Pegasing, Saripuddin HR SP Sabtu (12/3) di Masjid Tue Al-Qadin, Kampung Pegasing. 

Asnaini terpilih menjadi Keuchik Kampung Pegasing, setelah memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan kepala kampung yang digelar tanggal 2 Februari 2011. Dalam pemilihan, Asnaini mengungguli tiga orang kandidat lainnya yang seluruhnya pria. 

“Terpilihnya Asnaini sebagai kepala kampung merupakan pilihan masyarakat. Ini merupakan merupakan keuchik perempuan pertama yang dipilih secara demokratis di Kabupaten Aceh Tengah,” kata Camat Pegasing, Saripuddin HR SP kepada Serambi Jumat (12/3).

Ia katakan, terpilihnya Isnaini menjabat Kepala Kampung Pegasing, untuk tahun enam tahun ke depan, merupakan salah satu kesempatan yang telah diberikan kepada kaum perempuan bahwa mereka juga bisa memangku jabatan sebagai kepala pemerintahan paling bawah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

“Saya optimis meskipun dari kaum perempuan tetapi dalam memimpin kampung ini, saya yakin keucik yang baru ini mampu menjalankan tugasnya,” ujar Camat Pegasing usai acara pelantikan.

Sementara itu, Isnaini yang ditanyai Serambi terkait motivasinya untuk menjadi kepala kampung menyebutkan, niatnya untuk menjadi Keucik lantaran adanya keinginan yang kuat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik di kampung itu. “Ini merupakan kesetaraan gender. Artinya bukan hanya kaum pria yang mampu menjadi keuchik tetapi kaum perempuan juga bisa memimpin pemerintahan paling bawah,” tegas Isnaini.

Kegiatan pelantikan diikuti puluhan masyarakat dan sejumlah anggota Muspika Kecamatan Pegasing, serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah dari Komisi Hukum dan Pemerintahan, Bardan Sahidi. Pelantikan itu dirangkai dengan upacara adat peusijuek kepala kampung dan camat oleh tokoh masyarakat Kampung Pegasing.(c35)  

0 comments: